Ekonov.id – Channel merupakan salah satu elemen penting dalam digital marketing yang digunakan untuk menjangkau audiens atau calon pelanggan. 

Ada banyak channel yang dapat digunakan dalam digital marketing, di antaranya adalah sebagai berikut:

Channel Digital Marketing

influencer marketing

1. Website 

Website merupakan channel yang paling umum digunakan dalam digital marketing. Website dapat digunakan sebagai media informasi, jual beli online, atau media interaksi dengan audiens. 

Digital marketing harus membuat website yang menarik, bermanfaat bagi audiens, dan sesuai dengan kaidah SEO.

2. Email 

Email merupakan salah satu channel yang efektif untuk menjangkau audiens secara personal. Digital marketing harus membuat daftar email yang berkualitas dan membuat email yang menarik, relevan, dan bermanfaat bagi audiens.

3. Sosial media 

Sosial media merupakan channel yang sangat populer saat ini. Digital marketing harus memahami cara mengelola pemasaran di media sosial, termasuk cara membuat posting yang menarik, memanfaatkan fitur yang tersedia di media sosial, dan memelihara hubungan dengan followers.

See also  Tugas dan Gaji Digital Marketing Pemula

4. Aplikasi

Aplikasi merupakan channel yang cukup efektif untuk menjangkau audiens melalui perangkat mobile. Digital marketing harus memahami cara membuat aplikasi yang menarik, mengelola iklan di aplikasi, dan memanfaatkan fitur yang tersedia di perangkat mobile.

5. Mesin Pencari 

Mesin pencari merupakan channel yang dapat meningkatkan visibilitas website atau media sosial perusahaan di mesin pencari. 

Digital marketing harus memahami cara membuat website yang sesuai dengan kaidah SEO, membuat iklan di mesin pencari, dan memanfaatkan fitur yang tersedia di mesin pencari.

6. Influencer

Influencer merupakan channel yang dapat meningkatkan brand awareness dan meningkatkan peluang conversion melalui endorsement atau rekomendasi dari influencer yang diikuti oleh banyak orang. 

Digital marketing harus memahami cara mencari influencer yang sesuai dengan target market, membuat kesepakatan dengan dengan influencer, dan mengukur hasilnya.

7. Video

Video merupakan channel yang cukup efektif untuk menyampaikan informasi dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami. 

Digital marketing harus memahami cara membuat video yang menarik, memanfaatkan fitur yang tersedia di platform video, dan mengukur hasilnya.

See also  9 Alasan, mengapa butuh website untuk mengembangkan strategi pemasaran untuk UMKM ?

8. Marketplace 

Marketplace merupakan channel yang dapat digunakan untuk menjual produk atau jasa secara online. Digital marketing harus memahami cara membuat produk yang menarik, membuat iklan di marketplace, dan memanfaatkan fitur yang tersedia di marketplace.

9. Website Marketplace

Website Marketplace merupakan channel yang dapat digunakan untuk menjual produk atau jasa secara online melalui website yang merupakan marketplace bagi berbagai penjual. 

Digital marketing harus memahami cara membuat produk yang menarik, membuat iklan di website marketplace, dan memanfaatkan fitur yang tersedia di website marketplace.

Channel yang digunakan dalam digital marketing tergantung pada tujuan dan target market yang ingin dicapai. 

Digital marketing harus memilih channel yang sesuai dengan tujuan dan target market serta menerapkan strategi yang tepat agar dapat memperoleh hasil yang diinginkan

Categories: Marketing

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *